Contoh Ide dan Tips Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Rumahan Modal Kecil - Banyak orang yang berkata, jika makan tanpa adanya rempeyek itu serasa kurang lengkap. Rempeyek tidak hanya sebagai pelengkap lauk pauk atau makan, tetapi juga nikmat dimakan saat bersantai. Di artikel saya ini, saya akan memberikan tips untuk Anda tentang bagaimana membuat rempeyek yang renyah dan gurih. Rempeyek adalah makanan khas Indonesia. Rempeyek juga kadang disantap sebagai camilan. Rempeyek juga sangat cocok untuk pelengkap makan sup, bakso, soto, pecel dan sebagainya.

1. Resep Untuk Membuat Rempeyek Kacang :


Usaha Rumahan Modal Kecil
- ½ kg kacang dikupas 
- 4 butir kacang 
- 4 siung bawang putih 
- 1 sdt ketumbar bubuk 
- 350 gram tepung beras 
- ½ sendok makan tepung tapioka
- 250 cc santan
- 100 cc air 
- 1 butir telur 
- 1 sendok makan air Kapur sirih
- 5 daun jeruk, iris tipis
- Garam secukupnya 
- Minyak Goreng


 


Langkah - langkah membuat : 
 
 

Campur telur, bawang putih, garam, pala, ketumbar bubuk dan air kapur sirih kedalam blender. Campurkan kacang, tepung beras, tepung tapioka, irisan daun jeruk, bumbu halus , santan dan air secukupnya. Aduk sampai semua tercampur merata. 

Panaskan minyak goreng, sesudah panas, masukkan campuran di atas secara bertahap. Mulai dari tepi penggorengan untuk membentuk lapisan tipis. Sesuaikan dengan api sedang sampai warna berubah kecoklatan, lalu tiriskan.

Bumbu - bumbu yang diaplikasikan sangatlah mudah didapat, karena menggunakan bahan dari dapur standart. Bagian yang mungkin sulit adalah membuat adonan goreng bisa setipis mungkin, karena kerenyahan didapat dari tingkat ketipisan dan pas tidaknya campuran adonannya. Jika Anda ingin lebih banyak variasi, Anda dapat mengganti kacang dengan teri, udang atau kedelai. Sangatlah mudah untuk Anda untuk membuat rempeyek yang renyah dan gurih ini.


2. Resep Untuk Membuat Rempeyek Udang :

Usaha Rumahan Modal Kecil
Apa saja bumbu dan bahan yang diperlukan? Ada 2 buah resepnya, berikut tipsnya : 

* Resep 1

Bahan:

  - 250 gram udang kecil, pisahkan dan buang kepalanya, cuci bersih, tiriskan sampai kering
  - Campurkan 70 gram tepung beras, dan 70 gram tepung tapioka hingga rata
  - Minyak goreng secukupnya
  - 100 ml air

Bumbu halus :

  - 2 siung bawang putih
  - ½ sdt ketumbar bubuk
  - 1 ruas kencur
  - 2 butir kemiri (sebelumnya dihaluskan)
  - 1 sdt garam
  - Cabe merah (bagi yang suka pedas)

Langkah - langkah membuat :


Campurkan tepung dan bumbu halus kedalam wadah. Dan tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata hingga tercampur secara benar. Panaskan minyak goreng ke kompor dengan nyala api sedang. Masukkan udang secara bertahap ke dalam adonan yang sudah siap. Ambil adonan sebanyak satu sendok makan, dan tambahkan dengan 3 ekor udang. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan dan kering, kemudian angkat dan tiriskan.

Tips : Jangan memasukkan udang sekaligus kedalam seluruh adonan tepung, karena adonan tepung bisa menjadi berair dan encer.



 


* Resep 2

Bahan :

  - 400 gram udang ukuran kecil, buang kepalanya, bersihkan. Tiriskan sampai kering betul.
  - 300 gram tepung beras
  - 150 tepung maizena
  - 400 ml santan
  - 1 butir telur ayam
  - 4 buah cabai merah, buang bijinya, dan diiris tipis memanjang
  - 1 liter minyak goreng

Bumbu Halus :

  - 4 siung bawang putih
  - 1 ruas jari kunyit
  - 3 butir kemiri
  - Garam secukupnya

Langkah - langkah membuat :

Campur bahan untuk membuat adonan, yaitu tepung beras, tepung maizena, dan bumbu yang dihaluskan ke dalam baskom. Aduk hingga rata, dan tuangkan santan sedikit demi sedikit. Kemudian masukkan telur, aduk hingga merata. Ambil dua sendok makan minyak goreng, panaskan di atas pan dengan diameter 10 cm, kemudian ambil adonan sebanyak satu sendok sayur, dan tambahkan udang serta cabe merah secukupnya. Tuangkan di atas pan yang sudah dipanaskan dengan minyak, lalu masak hingga matang. Angkat dan tiriskan. Jangan lupa, simpan dalam wadah tertutup rapat.

Itulah cara membuat rempeyek udang yang renyah dan gurih, spesial untuk dihidangkan untuk pelengkap makan keluarga Anda. Pilih cara mana yang menurut Anda yang paling mudah dan sesuai diantara resep 1 dan resep 2. 


Baca juga untuk ide Usaha Rumahan

Demikian artikel saya tentang ide usaha rumahan modal kecil, semoga bermanfaat dan dapat Anda ambil segi positifnya. Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts:

iklan

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]


Sample 2 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno) “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput).